Musrenbang RPJPD Kabupaten Kerinci 2025-2045: Membangun Visi Bersama untuk Masa Depan.

KERINCI – detik24.com. Pemerintah Kabupaten Kerinci, melalui Bappeda Litbang, telah menggelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kerinci Tahun 2025 – 2045 pada Selasa, 30 April 2024. Acara ini bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kerinci di Bukit Tengah Siulak.

Dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Darifus, kegiatan ini mengusung visi “Kabupaten Kerinci yang Maju, Mandiri, Sejahtera, dan Berkelanjutan”. Hadir dalam acara tersebut adalah staf ahli bupati, asisten, kepala OPD, serta camat lingkup pemkab Kerinci, serta perwakilan dari Direktur Regional 1 Bappenas dan Kepala Bappeda Provinsi Jambi yang menghadiri via zoom.

Musrenbang RPJPD ini menjadi momentum penting dalam memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Darifus menekankan pentingnya keterlibatan seluruh pihak dalam menyusun rencana pembangunan jangka panjang yang berkelanjutan,” Terang Darifus

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Kerinci, Yannizar, menjelaskan bahwa RPJPD merupakan implementasi dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran utama pembangunan daerah dalam jangka panjang. Dokumen ini dibuat dengan merujuk pada RPJPN, RPJPD Provinsi, dan rencana tata ruang wilayah, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang.

Melalui kegiatan Musrenbang, diharapkan tercapainya rencana pembangunan jangka panjang yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan daerah, dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan dengan Arah Kebijakan Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Jambi dan RPJPN, serta menetapkan arah kebijakan dan program prioritas yang konkret untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Kerinci,” ungkap Kepala Bappeda

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara hasil Musrenbang RPJPD Kabupaten Kerinci tahun 2025 – 2045 oleh pihak terkait. Keseriusan dan kolaborasi semua pihak diharapkan menjadi landasan kuat dalam mewujudkan visi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan bagi Kabupaten Kerinci.

Enggel Harum. M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *