Hujan Es, Petir Disertai Angin Kencang Akan Terjadi di Kota Berikut Ini di Riau, Wajib Baca…!

Rohil – detik24.com. Badan Meteorologi dan Kalimatologi Geofisika ( BMKG) Pekanbaru keluarkan amaran bahwa beberapa Kabupaten Kota di Provinsi Riau, diprediksi berpotensi mengalami cuaca buruk, diantaranya Hujan lebat disertai petir dan angin kencang bahkan hujan Es.

Demikian informasi yang BMKG – Pekanbaru tgl 16 April 2024 yang ditanda tangani Irwansyah Nasution selaku Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Waspadai Potensi Cuaca Ekstrim di beberapa wilayah di provinsi Riau yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana Hydoro meteorologi ( hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung serta hujan es) pada periode 16 April hingga 21 April 2024.

Adapun wilayahnya yaitu, Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, Kampar Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuansing dan Inhil,” tulisnya.

Diprediksikan demikian itu terjadi, Tulisnya lagi, Saat ini suhu muka laut diperairan Riau yang masih hangat yang dapat mengakibatkan peningkatan pasukan uap air
di Atmosfer. Serta adanya pola belokan angin Diwilayah provinsi Riau yang dapat dapat membuat pertumbuhan awan awan hujan cukup signifikan. Selain itu terdapat gangguan atmosfer gelombang Kelvin yang juga dapat mendukung terbentuknya awan awan konvektif yang massif di wilayah provinsi Riau.

Kepada masyarakat khususnya yang berada di beberapa Kabupaten Kota di Provinsi Riau sebagai mana telah disebutkan supaya waspada.

Menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrim berupa hujan dengan intensitas sedang dan lebat.
Diharapkan masyarakat lebih mengantisipasi terhadap dampaknya seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang,” seru BMKG Pekanbaru.

Ary Honis. A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *