Spread the love
Ketua HKTI Prov. Riau HM. Wardan, MP. Lantik Pengurus HKTI Kab. Pelalawan Masa Jabatan 2024 – 2029 di Hadiri Pj. Sekdakab Pelalawan.

https://detik24.com : PELALAWAN – Bupati Pelalawan H. Zukri, SE yang diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah H. Abdul Karim menghadiri pelantikan pengurus HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kabupaten Pelalawan masa jabatan 2024-2029 pada Kamis (13/6/2024) bertempat di gedung Bappeda Kabupaten Pelalawan. Saniman, SE menjadi Ketua terpilih HKTI Pelalawan beserta para pengurus dilantik langsung oleh Ketua HKTI Provinsi Riau HM. Wardan, MP.

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan yang diwakili oleh Pj. Sekda Kabupaten Pelalawan H. Abdul Karim menyampaikan pentingnya pembangunan pertanian bagi perekonomian.
“Pertanian Indonesia masih menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Maka dari itu pembangunan pertanian masih menjadi prioritas, termasuk di Kabupaten Pelalawan yang menetapkan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan. Dalam usaha memajukan bidang pertanian, diperlukan keseriusan pengelola Sumber Daya Alam (SDA) termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu petani.” Jelasnya.

H. Abdul Karim juga berharap agar kehadiran HKTI dapat memfasilitasi peningkatan SDM petani demi tercapainya kesejahteraan para petani.
“Mengingat dewasa ini lahan pertanian semakin berkurang dengan berbagai alasan seperti populasi penduduk yang semakin bertambah, dan konversi lahan yang terjadi, maka upaya memaksimalkan fungsi lahan harus diutamakan.  Berkaitan dengan hal tersebut maka petani selaku SDM pengelola pertanian harus mendapat arahan, pendampingan dan motivasi demi gairah meningkatkan produktivitas pertanian.  Kehadiran HKTI harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi profesi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani ini, dengan muaranya adalah tercapainya peningkatan kesejahteraan petani.” Tutur Sekda.

Kepengurusan HKTI Pelalawan hendaknya memahami tiga fungsi utama keberadaannya. “Pengurus harus bisa menjalankan fungsi advokasi, pendampingan dan pembelaan terhadap permodalan, pemasaran dan sebagainya. Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada pengurus HKTI  Pelalawan. Semoga dapat mengemban amanah dan menjadi mitra pemerintah dalam memajukan dunia pertanian di Kabupaten Pelalawan.” Tutup Sekda Pelalawan.

(S. Wrw)

By Sudirman Waruhu

Redaktur detik24.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *